9 Teknologi di Dunia Yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Ada beragam teknologi didunia ini yang terinspirasi dari alam, contoh saja adalah penerapan pembuatan helikopter dan pesawat yang mana teknologi tersebut memiliki inspirasi yang berasal dari capung dan juga burung. Tidak lain halnya dengan tumbuhan, tumbuhan juga menjadi dasar dari setiap penerapan teknologi di dunia ini.

Penerapan teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan dapat dilihat dari berbagai penerapan didunia saat ini, contoh saja adalah pada cara pembangunan sebuah bangunan gedung bertingkat, rumah-rumahan, desain bangunan, dan lainnya.

Berikut adalah 9 teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan yang harus anda ketahui

1.Pembangunan Rumah

Batang pohon adalah tumbuhan yang memberikan inspirasi bagaimaan terdirinya sebuah bangunan yang kokoh, dengan melihat bagaimana struktur pohon yang kokoh maka dari situlah dapat dilihat bahwa cara penerapan yang tepat untuk mendirikan bangunan adalah dengan membuatnya sekokoh pohon yang menjadi inspirasi pembangunan.

2.Susunan batu rumah meniru jaringan batang.

Pada setiap perumahan dan bangunan yang menggunakan batu bangunan untuk membangun, meniru prinsip kerja dari jaringan batang pada pohon, dengan susunan yang terlihat rapi sesuai dengan kekokohan yang diberikan, membuat penerapan tersebut menjadi paling bermanfaat pada pembangunan.

3.Tembok rumah agar kokoh diberi besi

Diberinya besi pada setiap bagian tembok rumah adalah hal yang merupakan pengaplikasian yang diambil dari kambium pada pohon.

4. Chimera meniru bentuk fleksibel dari pohon bakau yang dijadikannya sebagai mode baru, dan untuk memperlihatkan keindahan gedung pencakar langit.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa

Para peneliti di MIT terinspirasi dari keteraturan kelopak bunga matahari dan menggunakannya untuk mendesain pembangkit listrik tenaga surya yang meminimalkan penggunaan lahan dan meningkatkan energi yang dihasilkan.

Penelitian MIT yang diterbitkan dalam Jurnal Solar Energy, berfokus pada penempatan cermin yang terpasang di tanah dan diarahkan ke menara pusat. Sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin terkonsentrasi pada menara yang akan mendidih air atau cairan lainnya untuk menghasilkan uap; kemudian uap menjalankan turbin dan generator, dan menghasilkan listrik.

6. Charger tenaga surya Electree+ (Charger tenaga surya yang terisnpirasi bentuk bonsai)

The Electree+ yang dirancang oleh Vivien Muller adalah cherger tenaga surya yang berbentuk bonsai pohon yang dapat daya ponsel Anda dari desktop. Electree+ menangkap cahaya melalui 27 panel surya mini yang menghiasi cabang-cabangnya. The Electree+ dibuat di Amerika Serikat.

7. Pemurni udara Andrea (Andrea Air Purifier)

The Andrea Air Purifier adalah kombinasi yang brilian antara manusia dan tanaman yang mempercepat kemampuan alami alam untuk membersihkan udara dalam rangka untuk mendetoksifikasi suasana di dalam rumah Anda. Gadget yang luar biasa ini mampu membersihkan udara di rumah Anda 1000% lebih baik daripada tanaman biasa.

8. Biophotovoltaic Moss Table

Meja Biophotovoltaic Moss membangkitkan listrik melalui fotosintesis.

Meja Biophotovoltaics Moss adalah mebelair inovatif yang menunjukkan potensi masa depan teknologi Bio Photo-Voltaic-(BPV). Di sini listrik yang dihasilkan dari elektron ditangkap oleh serat konduktif dalam meja. Teknologi ini mengubah energi yang terbuang dalam proses fotosintesis menjadi daya yang dapat dimanfaatkan dengan praktis.

9. Sepeda Listrik CO2

CO2 adalah sepeda listrik yang memiliki karakteristik dan fungsionalitas yang baik. Sepeda ini terinspirasi oleh itu tumbuhan hijau. Jendela di samping kiri dan kanan meniru daun tanaman dan mereka dibuka ke arah luar untuk mengekspos bagian dalamnya yang seperti kloroplas agar terkena sinar matahari. Sinar matahari ini kemudian digunakan oleh sepeda untuk mengubah energi kimia menjadi energi kinetik melalui prosedur buatan yang menyerupai proses alami fotosintesis. Sepeda ini didesain oleh Tang Ming-deng.

Itulah artikel mengenai 9 Teknologi di Dunia Yang Terinspirasi dari Tumbuhan
Buka Komentar

0 Response to "9 Teknologi di Dunia Yang Terinspirasi dari Tumbuhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk